Selasa, 12 April 2016

April

Weekend pertama di bulan April, gue jalan-jalan ke pulau. Kuliah lapangan dan ada Yule serta Me disitu. Dari mulai berhasil ngiden jenis (berdua) sama Yule, nemu jenis yang unik, kena getah Lannea, sampe kena semut bakau yang bikin gosong hingga gosong beneran pas berjemur nemenin anak-anak ngambil awetan alga. Bisa ngobrol banyak sama beberapa orang hebat. Having a good time sama temen-temen seangkatan yang ikut juga. Terus manjat tower untuk ngeliat sekeliling pulau yang katanya surganya burung. Kemudian nontonin sunset di pulau. Dan kuliah lapangan diakhiri dengan nongkrong di Ricis dalam keadaan sangat gembel, gosong, dan kepedesan. Walaupun konsekuensinya adalah meninggalkan beberapa kewajiban di belakang (revisi yang direncanakan maju per Senin tanggal 4).

Tapi, yah, dosennya aja kuliah lapangan, ngapain mikirin revisi. Tarakdungces.

I forgot to change the camera setting hff, hated the yellow datemark. A clear sky, offshore Jakarta.
Minggu berikutnya dimulai. Senin ngejar dosen, sampe nangis gara-gara suatu hal. Selasa ngejar lagi. Rabu ngejar lagi. Kamis ngejar lagi. Jumat ngejar lagi. Ditambah kewajiban rumah yang harus diurus karena mama sakit. Tenggorokan mulai gatel, langsung minum suplemen tiap hari dengan harapan jangan sampe ambruk di tanggal maju (Senin, 11 April 2016).

Sabtu full ngajar sampe nyaris tepar. Tepar parah. Minggu istirahat sambil ngurusin keperluan maju. Ada sesuatu yang bikin gonjang-ganjing karena nyaris aja besoknya batal maju karena penguji gue…baru nerima berkas in the very last minute.

Senin. D-day. Hari H-nya.

Akhirnya gue nyampe di tahap ini setelah ditinggal oleh nyaris setengah kelas. Meskipun hitungannya cepet juga karena gue baru sekitar 10 kali bimbingan, dengan 4 kali bimbingan sebelumnya terhitung hanya mikirin konsep.

Gue dateng sedikit meleset dari perkiraan (semeleset-melesetnya gue tetep aja kepagian). Langsung nyiapin ruangan bareng Deka. Nunggu temen seperjuangan yaitu Mai dan Aul yang sama nasibnya hari ini. Mai dateng, gladi bersih karena dia maju pertama. Kemudian Tante Aul yang dari tangga aja her heavy footsteps already could be heard clearly.

Mai maju setelah penonton cukup. Gue udah mau siap-siap ngafalin teks buat maju karena habis Aul gue bakal maju.

Aul maju.
(Saya grogi ketika diminta jadi pembimbing karena topik Aul ini sangat kontemporer, kekinian. Gils, Tante walopun perang dingin tapi jadi yang paling dibela sama Bapak A1)

Sampailah waktu harusnya gue maju. Tapi… penguji gue ga ada… gue hanya bisa merosot di kursi. Hafalan gue udah kesana kemari gatau lagi gimana. Nelfonin. SMS. WA.

Deka maju, karena penguji dia lengkap. Gue di longkap.

Dan gue ga ngerti lagi. Udah ga ada apa-apa lagi di pikiran gue. Kayaknya gue diundur atau maju dua kali. Entah seneng karena gue sama sekali ga ngafalin apa-apa, ataupun sedih karena gue gamau ketinggalan bareng temen-temen yang mau jalan bareng gue dan membuktikan Bapak A2 marah sama gue, serta gue gamau ngeluarin uang lagi buat konsum yang mihil.

Because duit ni habis kerana hanya untuk print sana-sini dan makanan.

Kemudian sekitar 10 menit sebelum waktu jatah Deka abis pas lagi dikomenin oleh pembimbingnya. Bapak A2 dateng.

Sumpah gue ga ngerti lagi.

Skip.

Akhirnya gue maju. And things go ever so smoothly.

It’s like the calm after the storm. Setelah gue berpusing-pusing berpanik-panik gue maju dengan sangat kalem. Kalem. Kalem banget. Atau saking stressnya gue mati rasa, gue gatau juga.

Kemudian semuanya selesai. Meninggalkan gue yang bawa revisian enam rangkap pake kantong kresek toko kue. Dengan sisa uang 30 ribu buat makan sama ongkos pulang. Dan beberapa teman baik yang tersisa, Uce, Yule, dan Afel.

Setelah Dzuhur yang kelewat siang gue makan Indomie telor paling enak dalam hidup gue sambil ngetawain temen yang salah beli warna lipstick. Tapi ya gitu, setelah gue ngobrol sama Aul, mengulang kembali ingatan gue tentang Me usai kejadian serupa. Ketawa tapi nyawa lo ga disana. Kehantui sama berbagai macam hal, entah itu revisian, ambil data, bahkan kelelahan karena ribetnya ngurusin tahapan ini.

Setelah Ashar yang kesorean juga gue sempet tidur-tiduran di MUA sama Aul. Baru kemudian memutuskan pulang.

It’s a hard day. Or it was another hard day. Tomorrow, we'll start anew.

"Tapi ini baru babak, belum belur, apalagi bilurnya." Bijak seorang teman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar