Selasa, 02 Maret 2010

TIK 23 Februari 2010

Pertemuan TIK pada tanggal 23 Februari 2010 belajar tentang menyisipkan table dan gambar. Ms. Word yang dipakai adalah ms. Word 2003. Cara-caranya adalah:

Tabel
Dengan table>insert>table. Lalu isi number of columns(kolom) dan number of row(baris). Dan pilih fixed column width(yang standar). Kalau yang AutoFit to content itu kita cumin dikasi table dengan baris dan kolom yang kecil-kecil banget, tapi begitu kita isi/ketik table nya akan membesar sesuai dengan isi ketikkan. Kalau yang AutoFit to window kurang lebih sama dengan yang fixed column width. Atau, kalu engga pake icon yang ada di toolbar.
Juga belajar tentang merge cell yang nge-gabung-gabung-in cell itu. Caranya cumin pilih icon yang ada, tapi sebelumnya di blok dulu yang mau di gabungin
Juga dengan borders and shading namun di apply pada table itu sendiri. Pertama-tama cuman mesti ngeluarin toolbar borders and shading pake view>toolbar>Borders and Shading. Lalu tinggal pilih yang draw/ klik icon yang pensil.
Nge-warnain cell juga tinggal pilih icon yang ada di borders and shading. Atau engga pilih yang udah tinggal pilih table>table autoformat. Cari cari deh yang kira-kira bagus

Gambar
Insert>Picture>From file atau insert>clip art, tapi kali ini kita pake autoshapes. Ada di bawah biasanya di toolbar drawing, kalau gak ada munculin dulu toolbarnya pake view>toolbar>drawing. Kalau udah digambar, udah ada, pilih format picture untuk ngerubah warna, garis tepinya, dan transparansi.
Ada juga nih, yang penting, yaitu layout picture dari format picture tinggal pilih tab yang layout. Fungsinya untuk mengatur letak gambar. Ada yang in line with text (gambar sejajar dengan baris kata di dokumen), square(membatasi text dengan persegi), tight (sesuai dengan tepi luar gambar), behind text (di bawah text), dan in front of text (di atas text)

Abis itu ada lagi, kita di suruh ngerjain soal praktek lks hal 58-59. Tentang bikin table gitu, terus pake line juga. Tapi karena saya dan partner, memey belum selesai ngerjain udah abis waktunya. Kenapa? Haduh, mousenya ngambek. Nge klik tunggal agak-agak keras, tapi nge-drag lancar. Nah lho? Bingung kan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar